Minggu, 03 Agustus 2014

Air Terjun Janji, Baktiraja

 
Salam Petualang…
Tidak ada habis-habisnya jika kita menelusuri Sumatera Utara hanya untuk mencari dan menikmati pesona-pesona alam yang diciptakan Tuhan di alam kita ini khusunya Sumatera Utara, karena keindahan-keindahan yang diciptakan di alam kita ini merupakan tanda-tanda kebesarannya bagi orang-orang yang menyadari hal tersebut. Terlalu banyak spot-spot keindahan alam yang dieprlihatkan-Nya kepada kita sebagai makhluk ciptaanya mulai dari Danau, Laut dan pantianya, Pegunungan, Sungai, Gua, Air tejun, dll semua itu memiliki karekter keindahan yang berbeda-beda walaupun masuk dalam kategori yang sama.

Air Terjun Janji, sebuah pesona alam yang yang terdapat di Desa Marbun, Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara. Air terjun tersebut telah menjadi target Jejak Adventure sebagai Pecinta dan Penjelajah Alam, tidak sulit untuk mencapai air terjun ini jaraknya tidak begitu jauh dari Dolok Sanggul yang merupakan ibukota Kabupaten Humbang Hasundutan. Hanya dengan jarak tempuh sekitar 30-45 menit atau berkisar lebih kurang 22 km, sobat bisa mencapai air terjun ini menggunakan kendaraan peribadi seperti kenderaan roda empat maupun roda dua. Akses menuju lokasi air terjun ini sudah aspal dan mudah dilalui, hanya saja terlihat sempit dan berbukit ketika sudah melewati pusat pasar Kecamatan Baktiraja, karena disebelah kiri merupakan bukit-bukit cadas dengan pepohonan-pepohonan hijaunya dan sebelah kanan merupakan danau toba yang terbentang luas dengan pesona keindahan yang tiada taranya. Untuk melintasi akses ini harus berhati-hati karena jalan yang sempit, berbukit-bukit dan kelokan yang mengikuti pinggiran perbukitan cukup beresiko, ditambah lagi jurang-jurang yang langsung berlandaskan danau toba cukup membuat adnarlin kita bergejolak.

Air terjun ini berada tepat di pinggir danau toba, air yang jernih yang jatuh dari perbukitan yang tinggi dan menghempas batu-batu yang cukup besar di bawahnya menciptakan salju-salju embun yang ditiup oleh angin. Jika melihat kondisi seperti itu kami teringat dengan penelusuran saya ke air terjun sikulikap yang ada di panetapan Berastagi. Sementara di bagian bawahnya atau aliran dari jatuhnya air terjun janji terlihat sebuah tempat pemandian sederhana yang dibuat oleh penduduk setempat agar semua orang bisa mandi disini dan merasakan sejuknya air yang tumpah dari ketinggian lebih kurang 30 meter dan bermuara langsung menuju danau toba ini. Ada dua ruang yang disediakan yaitu untuk pria dan wanita yang dibatasi atau dibuat bilik-bilik. Lokasi jatuhnya air terjun janiji ini berkedalaman sekitar 1 meter, karena derasnya air yang jatuh ini cukup berbahaya jika kita langsung mandi-mandi di bawah tepat air terjun itu jatuh.

Untuk masuk ke lokasi air terjun ini tidak di pungut biaya, namum jika sobat tidak keberatan sobat hanya di harapkan mau berbelanja jajanan-jajanan atau minum-minuman yang ada terjual di lokasi tersebut. Dari pintu masuk sobat harus berjalan lebih kurang 100 meter untuk mencapai lokasi air terjun tersebut. Lokasi yang masih asri akan kesejukan alam bebas di tambah lagi pesona-pesona pandang danau toba, semua itu akan membuat kita tidak ingin beranjak dari sana. Tidak jauh lagi dari lokasi air terjun janji, sobat dapat menikmati kuliner di restoran apung yang berada di desa Tipang. Restoran ini terapung diatas permukaan danau toba, sehingga kita bisa menikmati kuliner sambil memandangi keindahan danau toba, menu khas di restoran ini adalah ikan bakar yang ikannya kita bisa pilih dengan menangkap sendiri dari kolam-kolam ikan yang tersedia dan ikan bakar yang telah siap saji itu akan ditemani dengan sambal daliman, sambal yang merupakan cirri khas orang batak.
Artikel Terkait :
5 Celoteh Rimba: Air Terjun Janji, Baktiraja   Salam Petualang… Tidak ada habis-habisnya jika kita menelusuri Sumatera Utara hanya untuk mencari dan menikmati pesona-pesona alam ya...

1 komentar:

< >