Minggu, 03 Agustus 2014

Bukit Doa Hutaginjang 1550 Mdpl, Tapanuli Utara



Salam Petualang…
Sobat petualang jika kita cerita tentang danau toba maka tidak akan ada habisnya, sebuah keindahan alam yang di anugrahkan Tuhan terhadap Provinsi Sumatera Utara telah menjadi icon pariwisata dunia. Danau yang terluas di Asia Tenggara ini bukan menjadi rasia lagi karena setiap sudut-sudut dan pinggirannya memiliki cerita keindahan tersendiri ditambah lagi bukit-bukit yang berbaris yang terlihat mengelilinginya dan pulau-pulau yang terbentang di atasnya telah menjadi daya tarik dan ciri khas keindahan danau toba. Karena luasnya danau toba ini dapat mencakup beberapa wilayah kabupaten yang ada di Sumatera Utara, sehingga jika sobat berkunjung kebarbagai wilayah yang terdapat di beberapa kabupaten tersebut sobat akan dapat melihat keindahan danau toba dengan berbagai versi dari setiap sudut wilayah yang telah dicakupnya. Seperti Kabupaten Tapanuli Utara yang telah menjadi kunjungan saya dan sobat-sobat dari Jejak Adventure dalam rangka silatuhrahmi kesalah satu sobat Jejak yang ada di Tarutung. Dalam rangka silatuhrahmi ini kami coba memanfaatkan untuk berkunjung kesebuah desa yang terdapat di tepian danau toba, tepatnya desa hutaginjang.

Hutaginjang merupakan nama desa yang berada di Kecamatan Muara Kabupaten Tapanui Utara, provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Desa ini berada diatas pinggiran danau toba dengan ketinggian 1.550 mdpl (meter diatas permukaan laut) dengan memiliki curah hujan 1.234 mm/thn. Kecamatan Muara memiliki luas kira- kira 79,75 KM2 atau 2,10 % dari luas Kabupaten Tapanuli Utara secara keseluruhan. Kawasan Wisata Alam Sijaba Hutaginjang Sebelum menjadi objek wisata merupakan kawasan hutan produksi terbatas. Sebagian besar penduduk yang berada di sekitar Wisata Alam Sijaba Hutaginjang menggantungkan hidupnya dari bertani. Data kunjungan wisatawan, baik wisatawan mancanegara maupun wisatawan domestik setiap tahun meningkat. Kawasan Wisata Alam Sijaba Hutaginjang merupakan objek wisata termuda di propinsi Sumatera Utara. Sarana dan prasarana di kawasan kurang memadai, usaha pengembangan objek wisata Wisata Alam Sijaba Hutaginjang mulai berkembang tahun 2005-2012 . Wisata Alam Sijaba Hutaginjag sudah mulai dikembangkan baik oleh pihak pemerintah maupun pihak swasta lainnya.

Dalam proses pengembangan tersebut ditempat ini telah dibangun sebuah rumah doa bagi umat kristiani di lereng bukit Hutaginjang ditepian Danau Toba dengan tujuan untuk memberkati daerah Tapanuli Utara. Rumah doa ini terdiri 26 (dua puluh enam) buah kamar-kamar yang menghadap langsung ke danau toba. Kamar-kamar doa dibangun sedemikan rupa sehingga setiap orang yang berdoa didalam kamar dapat menikmati kesejukan udara tepian danau serta langsung dapat memandang lewat kaca jendela tembus pandang ke arah hamparan sawah hijau dan permukaan air danau yang berwarna biru, sungguh suatu pemandangan yang sangat indah dan menakjubkan.

Tidak salahnya jika para sobat berkunjung kemari, lokasi tempat yang masih asri dan sejuk yang jauh dari hiruk pikuk kota menjadikan tempat ini cocok untuk bersantai dengan menikmati keindahan panorama pandang danau toba dan hamparan sawah hijau. Untuk masuk kelokasi wisata alam sijaba Hutaginjang sobat tidak dikenakan retibusi masuk. Dan di lokasi ini tersdia warung-warung yang menyajikan makanan dan miuman bagi pengunjung yang datang dan ada juga yang menjual pernak pernik sebagai kenang-kenangan. Wisata alam sijaba hutaginjang dapat ditempuh dengan kenderaan roda empat maupun kenderaan roda dua, karena lokasi berada di ketinggian maka trek yang dilalui cukup menanjak, jalan lumayan baik karena sudah aspal. Wisata alam sijaba hutaginjang dapat ditempuh dari Siborong-Borong yang maish termasuk dalam wilayah Tapanuli Utara dan juga dapat ditempuh dari Dolok Sanggul yang merupakan wilayah Kabupaten Humbang Hasundutan.

Semoga wawasan kami ini dapat membantu sobat-sobat yang ingin berkunjung ke wisata alam sijaba hutaginjang. Terimakasih..
Artikel Terkait :
5 Celoteh Rimba: Bukit Doa Hutaginjang 1550 Mdpl, Tapanuli Utara Salam Petualang… Sobat petualang jika kita cerita tentang danau toba maka tidak akan ada habisnya, sebuah keindahan alam yang di anu...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

< >