Minggu, 28 Oktober 2012

Danau Toba Telah Menjadi Magnet Bagi Wisatawan


Mungkin Danau Toba sudah tidak asing lagi di pendengaran sobat sekalian, karena pesona dan ketajubannya telah banyak menghipnotis bagi wisatawan yang telah berkunjung kesana, dan merekapun tidak rela kembali ke tempat asal secepat-cepatnya dan yang telah kembali mungkin berharap secepatnya untuk datang kembali ke lokasi yang telah menjadi magnet dalam kehidupan mereka.

Danau Toba adalah sebuah danau vulkanik dengan ukuran panjang 100km dan lebar 30km yang terletak di Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Danau ini merupakan danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara. Di tengah danau ini terdapat sebuah pulau vulkanik bernama Pulau Samosir yang berada pada ketinggian 1000m di atas permukaan laut. Danau Toba merupakan salah satu obyek wisata yang sangat terkenal di Indonesia, keunikan lain yang dimiliki Danau Toba yaitu adanya pulau kecil ditengah-tengahnya yang dinamakan Pulau Samosir. Tidak kalah menarik lagi Danau Toba memiliki cerita rakyat yang melegenda.

Danau Toba berada pada beberapa kabupaten, antara lain Kab. Simalungun, Kab. Samosir, Kab. Tapanuli Utara, Kab. Humbang Hasundutan, Kab. Karo, dan Kab. Dairi, Sumatera Utara, Indonesia.

Keindahan Danau Toba sangat mengagumkan. Danau itu dikelilingi oleh perbukitan, sehingga suasana di sekitar danau terasa nyaman, udaranya segar dan sejuk. Para pengunjung dapat menikmati keindahannya dengan berenang atau pun menyewa perahu motor, mengitari sekitar danau. Di sore hari, pengunjung dapat menikmati suasana yag lebih hening dengan pemandangan cahaya matahari terbenam yang begitu indah.

Ditengah Danau Toba, yaitu di Pulau Samosir terdapat objek wisata alam yang populer yakni danau di atas danau (Danau Sidihoni dan Danau Aek Natonang), objek wisata sejarah di komplek makam Raja Sidabutar di Desa Tomok dan wisata arsitektur berupa komplek rumah tradisional Batak Toba Samosir.

Menyusuri pulau Samosir dan Danau Toba, salah satunya adalah Batu Gantung. Sebuah fenomena dan keajaban, begitu rakyat Toba menyebutnya. Batu yang menggantung dipinggir tebing Danau Toba ini memiliki cerita tersendiri.

Sobat mungkin tahu ketika mengunjungi danau Toba, khususnya di kawasan wisata belanja Tomok. Tapi, di Tomok tidaklah lengkap jika sobat tidak berkunjung kemuseum yang bersejarah, karena di museum ini ada satu buah patung Sigale-gale yang berukuran pendek dan merupakan ibu dari Sigale-gale. Kalau sobat penasaran dan ingin melihat, silahkan datang ke museum ini.

Tomok menawarkan sejuta pernak-pernik yang menarik hati. Tersedia berbagai aksesoris yang bisa dipakai wanita maupun pria, seperti gelang, cincin, kalung, topi, ikat pinggang unik, dan aksesoris lainnya. Berbagai mode telah di desain kreatif dan khusus untuk dijadikan buah tangan khas Samosir dan tentunya khas Tomok.  Semua harga aksesorisnya disesuaikan dengan bentuk , bahan, ukuran besar atau kecil, dan motif.
Artikel Terkait :
5 Celoteh Rimba: Danau Toba Telah Menjadi Magnet Bagi Wisatawan Mungkin Danau Toba sudah tidak asing lagi di pendengaran sobat sekalian, karena pesona dan ketajubannya telah banyak menghipnotis bagi ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

< >