Jumat, 23 Januari 2015

Tempat Bernaung Celoteh Rimba


SANGKUR
(Sang Petualang Penelusur Rimba)

A. LATAR BELAKANG

SANGKUR (Sang Petualang Penelusur Rimba) merupakan suatu Kelompok Penjelajah Alam dan Pendaki Gunung (nature explorer and mountaineering). Nama tersebut di kutip dari sebuah peralatan atau perlengkapan  yang sering digunakan penggiat alam bebas yaitu “sangkur”. Sangkur adalah senjata tajam berupa pisau atau belatih. Mengapa “Sangkur” ? nama tersebut disepakati agar mudah di ingat karena nama tersebut adalah salah satu kebutuhan di alam bebas, namun nama “Sangkur” dijabarkan manjadi nama panjang “Sang Petualang Penelusur Rimba”.

Yang perlu diketahui nama SANGKUR adalah nama baru atas pergantian nama sebelumnya “JEJAK Adventure (Jelajah Alamku Adventure). Perubahan nama itu dikarenakan hasil survey dan pencarian baik di media sosial dan media-media lain nama Jejak/Jelajah telah banyak dipergunakan oleh pihak-pihak lain, untuk menghindari konflik atas keberadaan nama tersebut maka hasil keputusan Kopdar disepakati untuk mengganti nama JEJAK Adventure dengan nama baru yaitu SANGKUR.

Nama baru tersebut tidak merubah karakter atau cirri khas yang telah terbentuk dan tertanam sebelumnya di JEJAK Adventure. JEJAK Adventure adalah sebuah nama yang telah menjadi memori perjalanan indah yang  masih melekat di belakang kejayaan Sangkur kelak.

Dengan SANGKUR kami ingin memperkenalkan, mengembangkan, dan melestarikan alam dan wisata alam yang telah terdapat didalamnya, baik yang sudah terjamah (dikenal/diketahui) oleh khalayak ramai maupun yang belum terjamah. Disamping itu SANGKUR ingin menciptakan keperibadian dan mental kemandirian yang diusung dengan pembentukan watak, akhlak, dan budi pekerti yang luhur melalui perkenalan alam lingkungan sekitar dan mempererat hubungan silatuhrahmi kepada semua kalangan, baik kalangan SANGKUR itu sendiri maupun dari kalangan komunitas lain dan masyarakat dimana SANGKUR berpijak.

B.  KEGIATAN-KEGIATAN
1. Kegiatan alam bebas (out door) dapat berupa :
  • Camping (berkemah),
  • Hiking (penjelajahan jalan kaki),
  • Caving (penelusuran gua),
  • Climbing (pendakian gunung), dan
  • berbagai kegiatan lainnya. 
2.   Kegiatan sosial kemasyarakatan
3.   Kegiatan solidaritas Alam
4.   dll.

C.  VISI DAN MISI

Visi :
Menjadikan organisasi/komunitas penggiat alam yang berkualitas, mandiri, serta memiliki kepedulian tinggi terhadap upaya pelestarian alam dan lingkungan hidup demi tercapainya insan manusia yang berakhlak mulia, berbudi pekerti, berpola fikir luas, kritis, dan bertanggung jawab yang selalu menjunjung tinggi nilai-nilai kekeluargaan, persaudaraan, persahabatan, dan semangat bersama.

Misi : 
1. Menjalin silatuhrahmi dengan organisasi/komunitas dan penggiat alam lainnya untuk mempererat rasa persatuan dan kesatuan.

2. Saling berbagi dan bertukar informasi, pengetahuan, dan wawasan baik di dalam maupun di luar organisasi/komunitas. 

3. Berpartisifasi dan berperan aktif untuk menjaga dan melestarikan alam dan lingkungan hidup. 

D. DESKRIPSI DAN MOTTO

Deskripsi :
Penjelajah Alam dan Pendaki Gunung (nature explorer and mountaineering)

Motto :
Alam Sahabat Inspirasi.

E. MEDIA SOSIAL
Facebook    Twitter

Artikel Terkait :
5 Celoteh Rimba: Tempat Bernaung Celoteh Rimba SANGKUR (Sang Petualang Penelusur Rimba) A. LATAR BELAKANG SANGKUR (Sang Petualang Penelusur Rimba) merupakan suatu Kelompo...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

< >